dikte

Anak jaman sekarang di tuntut untuk lebih pintar sebelum usianny, emang bener sih pada saat mereka lahir skrg lbh hebat dari jaman kita dul kaya sarah baru 2 minggu aja udah bisa balik setengah badan, trus bisa angkat kepala, blm 7 bln udah bisa ma, pa, dll, 9 bln bisa babi krn aku suka nyanyi lingkarang kcl…. trus 1 tahun udah bisa jalan, menyanyi lagu kesukaanny dulu twinkle… twinkle…little star, kingkong badanny besar, dan lagu sekolah minggu lainny. udah bisa ngomong lumayan lancar pas 2 tahun, dan banyak lagi perkembanganny… paling menyenangkan dia pas sekolah bisa nyanyi lagu Bapa Kami, dan berdoa salam maria juga kemuliaan.

Aku dan Sion seneng ama perkembanganny walau ng hebat banget di bandingkan yang lain, bagi kami Sarah udah bisa buat kami bangga, bisa di ajak diskusi, di ajak ngomong bae2 kl dia mau sesuatu tapi aku ng mau beliin dia ngerti, walau dia belum bisa untuk lepas dari dotny tapi di umur 1 tahun dulu dia udah pup di closet, dan umur 2 tahun udah ng pake pampers walau kadang masih kebobolan… hehehe.

Semenjak Sarah masuk TK A sekarang ini, dia di haruskan udah bisa nulis dan baca 4 suku kata kaya  M-A-M-a, p-a-p-a, c-u-c-i, s-a-p-i, dll. udah di kasih pr oleh guruny dan kadang dia suka ngambek kl harus buat pr ny karena Sarah ini tipe verbal ng suka menulis, untuk menyiasatiny aku ajak dia ikutan BIMBA (bimbingan minat baca-tulis) AIUEO, deket rumah karena ada 2 temenny yg barengan aku pikir bisa untuk merangsang dia, dan ternyata Sarah suka di Bimba, lumayan perkembanganny, mungkin temen2 pikir kok mamany guru anakny les sih, aku bukanny ng punya waktu buat Sarah, bukan ng sabaran, tapi aku masukin dia ke BIMBA krn untuk  memotivasi dia untu menulis. dan dalam 1 bulan ini dia udah lebih lancar dari sblmny…

Tetapi di skul sudah harus dikte, dan ceritanya minggu lalu Sarah pulang sklh ngambek pas jamny dia bimba, dia jadi kaya anak kecil yang baru masuk sekolah, nangis dan ng mau aku tinggal, untuk kakak2 Bimbany perhatian dan bisa membujuknya akhirnya aku bisa nunggu di luar kelas seperti biasa.. dan aku tau ada yang beres ama Sarah di sekolahny… dan ternyata bener dia ng bisa dikte karena dia ng tau arti dikte, dia kesel padahal dia bisa mengejany… aku jelasin dia ngerti akhirnya dan aku bilang

ng pa2 kak, ng usah takut, ng usah kecewa besok usaha lagi y… pasti bisa asal kaka rajin belajar…“dan pas malamny aku coba persis seperti guruny dikte dia bisa semuanya nilai 10 buat Sarah.

aku konsultasi ama kakak iparku yang di Belanda dia konsultan anak, ama ade iparku wenny menurut mereka emang rada kecepatan kl diusia sekarang mereka sudah di paksa untuk menghafal.. metode sekolah sekarang salah… boleh belajar membaca tulis tapi dengan sistem bermain dan menyenangkan. aku juga setuju… bahkan mbaku bilang gini..

Pindahin aja sekolahnya, kaya Vanya dulu juga gitu kan di sekolah lamanya, makanya aku pindahin, dan di sekolahnya yang sekarang dia seneng.

aku bilang :

hmm, kalo pindahin sekolah nanggung juga ya mba.. lagian di Jakarta mana ada sekolah kaya di Bandung, sistemnya main di alam.

pindahin aja ke bandung, kata mb ku

kalo itu kayanya ng mungkin ya.. kalo pindah ke bandung berarti kerjaanku juga mesti di korbanin dan banyak hal… kayanya ng bisa mb… besok ak coba ngomong ama guruny dan kepsekny dulu d

hmm kalo di bandung, sekolah keponakanku emang seru, mereka ng harus pake sepatu, sandal aja blh.. karena pas sampe sklh mereka telanjang kaki lari sini lari sana. seminggu sekali mereka jalan2 ke tempat2 kaya stasiun dll. dari situ dia belajar huruf dll. setiap pagi dan siang ortu atau wali di perbolehkan masuk kelasny dan liat anakny belajar apa hari itu. dan ortu juga diajak terlibat dengankegiatan sekolah. beda banget ama di jakarta.

Aku hari berikutnya niat ketemu kepala sekolahny dulu.. aku ceritain tentang kesulitan sarah mengerti maksud guruny, dan guruny yang galak… aku bilang tolong sebagai seorang guru tk harus aktif keliling satu demi satu.. kalo ada yang ngerti ditanya dan dijelaskan.. kalo emang dia ng ngerti krn emang ng tau huruf2 ny baru guruny kasih ekstra pelajaran ke anak itu dan ke orang tuangny di beri tau biar juga membantu.. dan banyak hal sudah ku kasih tau… sampe hari ini sarah ng nambek lagi sih.. ng tau dikte dihapuskan sementara atau gimana.. karena bagiku dikte untuk anak umur 4 tahun kecepatan..kecuali untuk anak 5 thn yang sudah harus siap ke sd. atau kl harus dikte juga sistemnya disesuaikan untuk anak umurnya gt.

JAman makin hebat.. anak dituntut makin pintar tapi negara ini tetep aja ng hebat2…karena ya itu cuma pinter teoriny aja prakteknya nol… sedang kalo yang hebat2 udah pindah ke negara tetangga karena lebih di hargai… semoga tidak semakin banyak anak yang stress y…



One Response to dikte

  1. yenny says:

    kayanya tuntutan jaman kali ya…
    iya kadang kasian anaknya, jadi stres
    ekspektasi ketinggian…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: