TK A

Ng terasa ternyata udah 1 tahun ya.. padahal kayanya baru kemarin nganterin Sarah sekolah, mesti nungguin karena rewel dan akhirnya dia naik kelas… ya Sarah sekarang udah TK A, masuk sekolah pertama tanggal 16 Juli kemarin dia senang punya teman baru dikelasnya.. dan dia semangat karena punya guru baru dan kelas yang baru.

1 tahun sekolah banyak yang didapat walau mungkin ng kaya anak lain, sarah udah bisa bahasa mandarin dan inggris dikit2, sarah mau mewarnai dan menghitung. juga mengenal huruf dikit2.. yang menyenangkan dia sudah bisa nulis namanya sendiri… kalo katemu komputer nganggur langsung deh ketik2.. dia seneng dengan komputer.. nilai2 juga A semua untuk pelajaran ini.

Cuma sampai sekarang gurunya suka bilang Sarah ng suka menulis.. ya emang kl durumah juga gitu, dan aku ng mau memaksa, bagiku saat ini belum saatnya. Kakak iparku aja sampe mindahin anaknya ke TK lain karena TK lamanya memaksa untuk menulis… sebenarnya aneh juga y.. mungkin prinsip kakakku mengajarkan kl anak seusia sarah dan vanya belum boleh belajar serius.. cuma untuk melatih dan membentuk karakter…

KOk jadi sama ama ayah Edy ya? waktu hari anak kemarin, di metro tv jam 10 ada acara chat club kl ng salah yang di pandu ama Choky Sihotang (MC favoritku nih), jadi nya aku mendengarkan dengan serius.. temanya membangun karakter anak2 Indonesia… kenapa sih mesti karakter… kata Ayah Edy kl kita membentuk karakter anak-anak dulu, kita ng memaksakan anak untuk pintar maka Indonesia akan Maju. kl cuma kepintaran saja tanpa membentuk karakter bangsa kita akan mundur.. sebagai contoh kl di inggris untuk membentuk karakter film2 nya disesuaikan seperti Mc Graver.. kuis2 kepintaran tapi kl di spain malah telenovela makanya di inggris bisa maju sedangkan di spain malah ng maju2…

KAlo anak yang berkarakter dia mau mengantri tanpa disuruh, menunggu dengan sabar, disiplin maka anak itu akan membentuk karakter dirinya nanti saat dia dewasa… hal-hal itu terbawa..

aku jadi ingat, waktu aku sekolah di TK dulu, aku belum mengenal angka dan huruf, tapi belajar menyanyi, menghafal puisi ringan, belajar menrangkai cerita, membuat patung dari tanah liat, belajar mengantri jika dibagikan sesuatu, belajar menujukkan kesenangan kita, dan kebetulan dulu aku suka sekal dengan puisi dan menari, guruku mengajarkan ku dan mengikuti setiap ada perlombaan melatih keberanian walau tidak pernah menang, dari situ aku belajar bagaimana bersikap didepan umum, jd pd gitu, lalu aku juga diajarkan berbahsa indonesia yang baik, sehingga kata2 ejekan or tidak pada tempatnya aku tidak pernah terapkan baru kuliah mulai deh gue- lo dan bahasa2 ngaco lainnya.

Emang bener ya kl seorang anak tuh dalam usia golden age harus dikasih pelajaran yang baik (seperti mama Ola), tapi karakter lebih penting, jadi kita harus membentuk karakter mereka, mengajarkan mengantri dimana pun, membuang sampah pada tempatnya, merapikan apa yang di gunakan ke tempatnya, berbahasa yang baik, berdoa, tidak melawan ke orang yang lebih tua, mau berbagi, disiplin dengan jam mereka, dan lain-lain yang pasti teman2 lebih tau.

Makanya waktu sarah sudah tau angka berapa walau kadang terbalik2 juga, sedangkan vanya dulu belum, kaka iparku tidak merasa anaknya tertinggal dari sarah or anak lain tapi dia malah bingung kenapa anak seusia sarah sudah diajarkan hal-hal itu… ya aku juga bingung sih… aku juga sebenarnya mau lesin sarah piano dan balet, tapi krn papanya sarah dan kel mertuaku tidak setuju jadi aku tunda sampe usia 6 tahun nanti… ya emang susah y

Tapi aku senang, sarah sudah TK A, sarah makin pintar dan sarah makin berani…

One Response to TK A

  1. ekosulistio says:

    makasih infonya,…. sangat membantu,.. tak tunggu kunjungan baliknya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: